Thursday, January 07, 2010

Peringatan Dini Cuaca Tanggal 08-11 Januari 2010



Dalam siaran pers BMKG untuk beberapa hari kedepan, perlu diwaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat disertai petir di beberapa tempat di Indonesia. Adanya daerah bertekanan rendah di Samudera Hindia, tepatnya di sebelah Barat NAD disertai pusaran angin tertutup kencang di perairan sebelah Barat Sumatera diperkirakan akan memberi pengaruh terhadap aktifitas pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Indonesia.

Selaina itu, terdapat aktifitas yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Indonesia bagian Barat dan Selatan. Kondisi suhu muka laut di perairan Indonesia yang masih cukup hangat mendukung suplai uap air di beberapa wilayah Indonesia.

Perlu juga diperhatikan munculnya aktifitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari merupakan aktifitas atmosfer berskala lokal dimana hal tersebut akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan-awan konvektif yang berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Adapun wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah: Sumatera bagian Utara, Tengah dan Selatan, Pesisir Barat Sumatera, Kalimantan bagian Selatan, Jabodetabek, Sebagian besar Pulau Jawa, Sulawesi bagian Selatan dan Tenggara, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku bagian Utara, Papua bagian Barat dan Selatan. (Jacko Agun)

(foto: www.desktoprating.com)

No comments:

Post a Comment

ANTARA - Lingkungan

Climate Change News - ENN