Sunday, November 17, 2013

Terios 7 Wonders Memang Jos...

Preview New Daihatsu Terios 2013. 
(sumber: http://www.youtube.com/watch?v=YhCYH8pqBwY) 

Mobil, kini tak lagi hanya sebagai gaya hidup. Mobil telah menjadi kebutuhan dalam menunjang akitivitas sehari-hari, mulai dari transportasi untuk ke kantor, mengantar anak ke sekolah, berbelanja, berlibur hingga berpetualang. 

Selain sebagai alat transportasi, faktor keamanan dan kenyamanan telah menjadi indikator penting dalam fitur yang harus dimiliki sebuah mobil. Beruntung jika semua faktor itu telah tersedia. Pasalnya, semakin mahal harga sebuah mobil, beragam fitur yang ditawarkannnya semakin menunjang keamanan dan kenyamanan penggunanya. Demikian sebaliknya.

Sayangnya, kemampuan finansial kerap menjadi indikator utama dalam menentukan sebuah mobil yang pas bagi penggunanya. Karena jujur saja, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli mobil yang mahal. Kalo sudah begitu, biasanya pilihan jatuh pada mobil dengan harga yang terjangkau.

Bagi petualang seperti saya, beberapa faktor telah menjadi indikator dalam memilih sebuah kendaraan. Beberapa kriteria itu diantaranya: memiliki mesin yang tangguh dan kuat di segala medan, mampu memuat banyak orang karena saya memiliki keluarga yang banyak, gampang dikemudikan, memiliki purna jual yang baik dan yang terpenting irit bahan bakar. Kebayang, kan, di era tingginya harga BBM seperti sekarang ini, setiap orang pasti menginginkan kendaraan yang hemat bahan bakar.

Oh ya, selain itu, saya juga akan mencari kendaraan dengan harga yang terjangkau. Artinya, tidak memberatkan dalam hal uang muka dan sistem pembayaran cicilannya. Lalu, adakah tipe mobil yang sesuai dengan keinginan saya?

Setelah melakukan riset melalui internet, dan membaca begitu banyak review kendaraan yang mampu memenuhi hasrat saya dalam berpetualang dan sekaligus sebagai mobil keluarga, pilihan saya pun jatuh pada produk PT Astra Daihatsu Motor. Kendaraan itu bernama Daihatsu Terios 7 Wonders.

Kemewahan Daihatsu Terios 7 Wonders
(foto: http://chandrajohan.blogdetik.com/)
Bicara petualangan, saya memang seorang penggila berat kegiatan luar ruangan. (baca: adventure junkie). Beragam kegiatan petualangan pernah saya geluti dan beberapa diantaranya masih saya tekuni hingga sekarang. Maklum, kegiatan itu telah begitu lekat dengan kehidupan saya sejak jaman kuliah. 

Ketika bergabung di Mapala (baca: mahasiswa pecinta alam) dulu, beragam kegiatan, seperti mendaki gunung, memanjat tebing, arung jeram dan menelusuri goa selalu menjadi agenda rutin yang tak pernah lepas dari jadwal liburan saya.

Namun, sejak bekerja, kegiatan outdoor tidak sesering saat kuliah dulu saya lakukan. Kini, kegiatan petualangan hanya dilakukan di waktu-waktu tertentu saja. Misalnya, saat masa cuti. Itu pun tidak lebih dari kegiatan mendaki gunung, arung jeram dan menyelam. Maklum, sekarang ini keluarga jadi prioritas utama.

Kendati demikian, keingingan mengunjungi tempat-tempat sunyi selalu menjadi keinginan terbesar kami. Bercengkerama dengan penduduk desa sembari menikmati keindahannya selalu kami rindukan. Karena itu, ketika liburan tiba, pilihan selalu jatuh pada wilayah-wilayah pedesaan yang berada tak jauh dari kaki gunung. Dan untuk menjangkaunya, tak ada cara lain selain menyewa kendaraan. Maklum, kami memang belum punya mobil.

Daihatsu Terios 7 Wonder mobil pilihan keluarga
(foto: http://www.motormobile.net)
Oh ya, balik lagi ke kendaraan tangguh yang ideal sebagai kendaraan keluarga, menurut saya Terios 7 Wonders lah pilihannya. Pasalnya, masih berdasarkan riset internet, kendaraan itu mampu menjelajahi kawasan-kawasan yang berat, seperti medan berlumpur dan jalan menanjak yang memang banyak ditemukan di Indonesia. Selain itu, kendaraan ini mampu memerikan kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya. Serta tak ketinggalan irit bahan bakar.

Sejatinya, Terios merupakan salah satu mobil kebanggaan Daihatsu. Selain berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) dengan hentakan tenaga yang besar untuk menaklukkan medan yang berat, mobil ini juga memiliki suspensi yang bagus sehingga sangat nyaman dikendarai pada medan on road (jalan raya) maupun off road (jalan pedesaan). Secara umum, mobil ini memiliki kapasitas silinder mesin 15000 cc dengan tenaga maksimum 6000 rpm.

Di Indonesia, kehadiran Daihatsu Terios memang bukan barang baru. Pasalnya, Daihatsu Terios merupakan mobil SUV yang menggantikan Daihatsu Taruna. Pembuatannya sendiri dilakukan oleh Daihatsu berkolaborasi dengan Toyota, sehingga jangan heran jika terdapat versi Toyota-nya, yakni Toyota Rush. 

Sejak tahun 2006, Daihatsu Terios mulai dikenal di Indonesia. Saat itu, sambutan konsumen cukup baik. Mobil ini kemudian menjadi pilihan masyarakat, karena memiliki beberapa keunggulan, seperti mesin yang tangguh, fleksibel dan memiliki kabin dan bagasi yang relatif luas. Selain itu, harga mobil ini juga terbilang ekonomis serta kemudahan dalam mendapatkan spare part menjadi sebuah layanan purna jual yang luar biasa dari Daihatsu.

Fenomena itu juga seiring dengan kebutuhan akan kendaraan yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak. Karena itu banyak yang mengatakan bahwa mobil ini merupakan salah satu mobil idaman keluarga. Dan, di Indonesia, mobil-mobil seperti itu sangat dibutuhkan

Model mobil SUV yang dimiliki Terios juga mampu diaplikasikan dalam berbagai kegiatan. Selain itu, Terios jenis SUV memiliki daya jelajah yang lebih baik karena memiliki ground clearence yang tinggi dibanding dengan jenis SUV lainnya. Ground clearence yang tinggi memudahkan mobil ini bergerak pada jalan yang kurang rata atau bergelombang.

Sejarah Terios
Awalnya, Daihatsu Terios diperkenalkan pertama kali di pasar Eropa pada tahun 2006, setelah sebelumnya di Jepang dengan jenis Short Wheel Base (SWB). Dalam sejarahnya, Daihatsu memang selalu berkolaborasi dengan Toyota. Tak heran jika bentuk Daihatsu Terios tampak mirip dengan Toyota Rush.

Saat Terios diluncurkan bersamaan dengan saudara kembarnya, Toyota Rush. Keduanya memang memiliki platform yang sama, persis seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Belakangan Terios-Rush mendapatkan pembaruan pada 2009 lalu, dan sampai saat ini belum pernah mendapatkan penyegaran total.

Terios sendiri merupakan model generasi kedua, dimana model ini meneruskan Terios generasi pertama yang dikenal sebagai Daihatsu Taruna. Di pasar Indonesia, Taruna mulai dipasarkan secara global pada tahun 1997.

Daihatsu Taruna
(foto: http://commons.wikimedia.org/wiki)
Lalu, pada akhir 2006, PT Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merk Daihatsu di Indonesia meluncurkan versi long wheelbase (versi panjang) di pasar global dengan kapasitas tujuh penumpang dewasa. Mobil itu bernama Terios New 7 Wonder yang kemudian dilengkapi dapur pacu berkode 3SZ-VE 1.500 cc DOHC 16 Valve VVT-i bertenaga 109 hp/5.500 rpm dan torsinya 145 Nm/4.000 rpm.

Model Terios juga didasari atas konsep Daihatsu D-Compact 4×4 yang pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2005. Di pasar global, SUV kompak itu tersedia dalam dua model, short (5 seater) & long wheel base (7 seater), dan ditawarkan dalam versi penggerak 4 roda dan 2 roda.

Sementara itu, di pasar jepang (Japanese Domestic Market/JDM), Daihatsu Terios menggunakan nama Be-Go, sedangkan nama Rush tetap digunakan oleh Toyota. Dan, untuk pasar Eropa, Amerika Latin dan negara Asia lainnya dijual tetap dengan nama Daihatsu Terios. Pengecualian hanya berlaku untuk pasar Malaysia yang menggunakan brand Perodua Nautica.

Terakhir pada tahun 2012 lalu, Daihatsu meluncurkan Terios model terbaru yang diberi nama Terios 7 Wonders. Namun banyak pengguna dan para pengamat mengatakan bahwa Terios baru itu hanyalah “facelift” atau ganti body saja dari versi yang sebelumnya. Namun demikian, kehadirannya tidak dapat dipandang sebelah mata. 

Belakangan, perubahan yang dianggap menyempurnakan kelemahan Terios versi sebelumnya, ternyata telah memberikan dampak yang cukup signifikan dalam penjualan Daihatsu Terios. Daihatsu Terios pun telah menjadi salah satu andalan Astra Daihatsu Motor dalam penjualannya sejak Oktober 2011.

Terios 7 Wonders
Terios Discover the New Adventure
(foto: http://www.daihatsu.co.id)
Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) dalam beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan di pasar Indonesia. Berbicara soal tipe ini, kurang lengkap jika tidak membahas mobil apa yang menjadi penguasa di segmen itu khususnya low SUV.

Jawabannya adalah Daihatsu Terios 7 Wonders. SUV tujuh penumpang itu cukup digandrungi dan selalu berada di peringkat teratas penjualan low SUV bersama kembarannya, Toyota Rush.

Terios yang merupakan hasil kolaborasi antara dua produsen Toyota (Rush) dan Daihatsu telah menjadi mobil pengganti Taruna yang hadir 1996-2006 dan Feroza di era 1990-an.

Sejak tahun 2012, Daihatsu terios hadir dengan varian terbarunya Terios 7 Wonders. Mobil SUV yang mengusung slogan “Play Your Wild Side” itu memang di desain untuk berpetualang menjelajahi alam, walaupun pada pemakaiannya terios lebih sering kita saksikan di jalan-jalan perkotaan ketimbang di daerah pinggiran atau pedesaan.

Secara specifik Terios 7 Wonders telah melakukan beberapa perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan itu antara lain:

1. Konsumsi bahan bakar lebih irit
Terios irit bahan bakar
(foto: http://www.daihatsu.co.id)
Dengan penggantian pengantian sistem Electric Power Steering (EPS), konsumsi bahan bakar New Terios lebih irit 6 persen dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena power steering listrik hanya membutuhkan tenaga listrik dari baterai. Saat tidak digunakan, tidak ada tenaga yang disalurkan. Sedangkan pada hidraulik sumbernya langsung dari mesin. Kendati setir tidak diputar, saat mesin hidup, pompa hidraulic power steering tetap berputar.

Daihatsu terios juga mengusung mesin berkode 3SZ-VE yang memiliki teknologi DOHC 16 Valve VVT-i dengan kapasitas mesin sebesar 1500 cc. Mobil SUV berdimensi panjang 4425 mm serta lebar 1695 mm dengan ketinggian 1740 mm mampu mengeluarkan tenaga sebesar 109 ps pada putaran 6000 RPM serta torsi 14.4 kg-Nm.

Akibatnya, kendaraan ini mampu menghemat konsumsi BBM, dimana 1 liternya mampu mencapai jarak kurang lebih 12 km. Tentu saja ukuran konsumsi BBM ini tergolong cukup hemat melihat kendaraan ini berada pada kelas kendaraan SUV yang biasanya agak boros bahan bakar.

2. Tampilan Luar (Eksterior)
Wajah depan Terios 7 Wonders yang berubah adalah gril. Kalau dulu plong blong, kini diberi ornamen harisontal berlapis krom ban berlubang-lubang. Di tengahnya dipasang logo Daihatsu. Lainnya adalah bumper, sekarang lengkungan mengarah ke atas. Ukurannya lebih besar. 

Daihatsu Terios 7 Wonders mobilnya petualang
(foto: http://pancadrupadi.blogspot.com)
Desain rumah lampu kabut juga diubah. Sementara di belakang, perubahan tak mencolok. Lampu kombinasi, hanya detil dalamnya yang diubah dengan menggunakan lensa bening. Versi lama, lampu rem yang berada di paling atas, berbentuk bulat dengan sudut bulat. 

Pada sisi pencahayaan Terios 7 Wonders mengusung teknologi projektor headlamp yang memberikan efek pencahayaan secara maksimal, namun tidak membuat silau. Selain itu, rear lamp bergaya futuristik pada Daihatsu Terios 7 Wonders menambah kesan elegan dan premium pada kendaraan SUV daihatsu ini.

Sedangkan bumper belakang tidak mencolok dan masih tetap dilengkapi dengan reflektor. Untuk pelek, hanya desainnya diganti, dari palang lima menjadi sepuluh. Sedangkan untuk warna ada limited edition dan yang lagi trend saat ini, yaitu warna putih.

3. Tampilan Dalam (Interior)
Di bagian ini yang berubah adalah warna dan motif jok, center cluster atau bagian tengah dari dashboard sebagai tempat untuk audio, gril dan tombol AC. Perubahan lain adalah meter kombinasi atau panel instrumen, kepala tongkat pemindah gigi (manual dan otomatik), setelan ketinggian jok, tambahan tombol audio pada setir (untuk TX dengan transmisi otomatik), konsol boks tengah, tuas pengungkit jok untuk melipat jok tengah (untuk akses tempat duduk paling belakang). Sandaran jok belakang sekarang bisa dipisah 50:50.

Interior New Terios
(foto: http://www.pusat-mobil.net)
Keserasian juga terlihat pada bagian Audio dimana posisi CD Audio terlihat sudah terintegrasi dengan Center cluster. Penambahan pada desain panel instrumen bergaya sporty yang dilengkapi dengan sun glasses holder pada bagian tengah atap membuat Terios 7 Wonders merupakan kendaraan SUV ternyaman dikelasnya.

Daihatsu juga tidak ketinggalan memberikan perhatian extra pada kenyamanan penumpang dengan melengkapi bagian belakang fasilitas AC double blower, kemudahan dan kenyaman lain juga terlihat dengan mudahnya mengatur posisi serta melipat kursi penumpang hanya menggunakan satu tuas.

4. Suspensi Sasis
Di bagian sasis, suspensi disetel ulang. Antara lain per keong dan perdam kejut, lengkap ayun. Tujuannya, untuk meningkatkan kenyamanan (utamanya untuk penumpang bekakang) dan stabilitas. Juga ada tambahan akustik di dashboard untuk menurunkan suara berisik. 

Sasis Daihatsu Terios
(foto: ist)
Rendahnya tingkat persaingan dikelas low suv, membuat Daihatsu Terios serta kembarannya Toyota Rush sangat leluasa memainkan pasar SUV. Hal ini pula sepertinya yang membuat Terios kurang memperhatikan sisi keselamatan penumpang dengan tidak adanya fitur Airbag, Rem ABS serta EDB atau Electronic Brake Distribution. 

Namun Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra di media mengungkapkan bahwa fitur airbag dan sistem keselamatan akan segera dilengkapi pada Daihatsu Terios mendatang. Hal ini mungkin respon pihak Daihatsu terhadap rencana kedatangan jenis kendaraan SUV dari pesaing seperti Honda SUV Urban dan Ford Ecosport. Pasalnya, bukan mustahil model itu mampu menjegal laju Terios-Rush.

Keunggulan Terios 7 Wonders
Penyempurnaan memang selalu dilakukan oleh Daihatsu. Semua demi keamanan dan kenyamanan penggunanya. Dan hal itu terlihat nyata dalam fitur Daihatsu Terios terbaru atau dikenal dengan Daihatsu Terios 7 Wonders.

Diantara keunggulan fitur itu adalah kehadiran EPS atau Electric Power Steering pada sistem kemudinya. Fitur ini membuat pengemudi mobil dapat lebih ringan, optimal dan mobil lebih mudah dikendalikan dan pengaturan bahan bakar secara elektrik. 

EPS membuat sistem kemudi lebih ringan
(foto: http://m.sgcarmart.com/new_cars/fullscreen.php)
Daihatsu mengklaim bahwa bahan bakar yang dikonsumsi lebih hemat sekitar 6 persen dari versi Terios sebelumnya karena adanya sistem EPS tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan pilihan mobil disaat harga bahan bakar terus naik.

Menurut Kazutoshi Sakamoto, Executive Office, R&D Directorate, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), penggantian power steering ini sesuai dengan permintaan pasar dan mengirit konsumsi bahan bakar. Maklum, power steering listrik hanya membutuhkan tenaga listrik dari baterai. Saat tidak digunakan, tidak ada tenaga yang disalurkan. Sedangkan pada sistem hidraulik langsung dari mesin. Kendati setir tidak diputar, saat mesin hidup, pompa hidraulic power steering tetap berputar.

Selanjutnya, termostat yang digunakan pada versi mobil ini sudah disempurnakan sehingga tidak mudah menyala pada suhu yang tidak seharusnya. Hal ini berakibat pada bahan bakar yang digunakan untuk menyalakan sistem ini menjadi semakin hemat. 

Selain itu adanya busa isolator packing antara radiator, mesin dan kompresor membuat kinerja kompresor AC menjadi lebih ringan yang berakibat bahan bakar yang diperlukan juga berkurang. 

Daihatsu Terios 7 Wonder memang terlihat gagah
(foto: www.daihatsu.co.id)
Astra Daihatsu Motor mengklaim bahwa Terios 7 Wonders ini dapat menempuh 11,7 Km untuk bahan bakar 1 liter dengan kondisi perjalanan sehari-hari, berisikan empat penumpang dan berpendingin yang menyala. Dalam pengujian yang dilakukan oleh Astra Daihatsu, mobil ini membutuhkan bahan bakar berjenis Pertamax sebanyak 8,4 liter untuk menempuh jarak 80 Km.

Pada Daihatsu Terios Matic, hasil pengujian hanya terpaut 3 kilometer lebih boros daripada varian yang manual, yakni untuk 8,4 liter menempuh jarak 77 km. Akan tetapi dengan hasil ini, Daihatsu mengklaim bahwa varian ini termasuk irit dalam konsumsi bahan bakar sehari-hari. 

Namun untuk pengisian bahan bakar menggunakan jenis premium akan ada perbedaan saat menggunakan Pertamax. Bahan bakar Premium justru membuat kendaraan ini lebih boros dan lamban dalam hal akselerasi, tidak gesit lagi seperti saat menggunakan bahan bakar berjenis Pertamax. 

Hal yang lain dilakukan oleh Daihatsu pada Terios 7 Wonders adalah menaikkan standar tekanan ban. Peningkatan tekanan ini bertujuan membuat rolling resistance pada ban semakin rendah sehingga laju mobil semakin ringan dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin sedikit.

Sementara itu, pada bagian luar mobil, khususnya pada bember, gril dan lekukan kap mesin sudah menggunakan desain yang lebih baru, sehingga terlihat lebih baik dan menawan. Tampilan lampu rem belakang mobil Terios juga mengalami perombakan yang signifikan. Yang dulunya berbentuk lingkaran, sekarang diubah menjadi kotak. 

Palang velg mobil Terios baru ini dibuat dari bahan alloy yang mengalami beberapa sentuhan. Palang velg dibuat lebih tegas dengan penonjolan pada garis di sudut. Suspensi Terios baru ini berbeda dnegan jenis pendahulunya, sudah lebih disempurnakan pada bagian Coli Spring dan shock absorbernya sehingga lebih nyaman bagi penumpang, terutama baris ketiga.

Terakhir, hal paling utama adalah dimensi ruang yang dimiliki Terios 7 Wonders ini lebih besar dari versi sebelumnya. Hal ini dapat membuat mobil ini bisa memuat orang yang memiliki postur tubuh yang cukup besar. Selain itu, ruang yang besar ini juga membuat penumpang yang ada menjadi lebih lega. Selain itu, jok yang ditingkatkan menjadi 3 baris mendapatkan kapasitas penumpang sebanyak 7 orang sehingga disebut sebagai 7 seater compact SUV. 

Jok ketiga ini memang dimaksudkan sebagai penambahan kapasitas penumpang dan barang. Jika jok mobil keluaran Daihatsu ini tidak dipakai untuk penumpang, maka jok baris ketiga bisa dilipat dan dapat difungsikan sebagai bagasi untuk memuat barang-barang yang ingin anda bawa.

Uji Coba Terios 7 Wonders
Untuk menguji ketangguhan dari Daihatsu Terios, beberapa waktu lalu dibentuklah tim yang bernama Terios 7 Wonders yang sekaligus merupakan sebuah brand atau gambaran bahwa Terios memang sebagai sahabat petualang sejati. 

Uji Coba Ketangguhan Daihatsu Terios dengan Jelajah Sumatera
(foto: http://ranapsimanjuntak.files.wordpress.com/2013/01/terios.jpg)
Saat itu tim memakai 3 unit Daihatsu Terios Hi-Grade Type TX AT (2 unit) dan TX MT (1 unit). Tim itu pun telah melakukan sebuah perjalanan menjelajahi keindahan alam Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera sepanjang 3.657 km selama 15 hari dan berakhir di tugu “Nol” Kilometer, Sabang - Aceh.

Perjalanan dimulai pada tanggal 10 Oktober 2012, disaksikan oleh jajaran management dan staf Astra Daihatsu Motor. Tim petualang yang terdiri dari 10 orang ini akan melihat langsung keindahan alam pulau Sumatera, khususnya sentra produksi kopi. Karena itu tak heran jika tim Terios 7 Wonders juga menamakan perjalanannya dengan tema “Sumatera Coffee Paradise". 

Perjalanan panjang itu juga menjadi bukti nyata ketangguhan Daihatsu Terios dalam menghadapi segala jenis kondisi jalan dan dalam berbagai cuaca. Daihatsu Terios memang layak disebut sebagai mobil sahabat petualang.

---
Sementara itu, beberapa waktu lalu, tim VIVAnews juga berkesempatan menjajal kehebatan Terios TX yang memiliki transmisi manual. Dari catatan VIVAnews ada beberapa hal penting:

1. Mobil dengan dimensi panjang 4.425 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.740 mm, dan jarak sumbu roda 2.685 mm, dibekali mesin berkode (3SZ-VE) kapasitas 1.500cc teknologi DOHC, 16 valve VVT-i, mampu memproduksi tenaga 109 ps di 6000 rpm, dan torsi 14.4 kg-Nm.

2. Begitu pedal gas ditekan, Terios cukup mengigit di putaran rpm rendah. Trek menanjak bisa dilalui dengan mudah tanpa terkendala kehabisan tenaga. Perpindahan gigi transmisi juga berlangsung mulus.

3. Soal konsumsi bahan bakar, Terios tergolong hemat BBM. Dengan rute kombinasi, konsumsi BBM rata-rata mampu mencatat 1 liter untuk 12 km--tergolong hemat untuk ukuran SUV.

4. Dari segi handling cukup stabil meski berada di kecepatan 120 km/jam. Hanya saja, deru gesekan ban dengan permukaan aspal sedikit terdengar masuk ke kabin.

Kelemahan Terios 7 Wonders
Mampu menampung tujuh penumpang dan memiliki harga terjangkau menjadi keunggulan utama New Terios. Terlebih lagi, konsumsi BBM cukup irit untuk ukuran SUV. Namun bukan berarti Terios tak banyak kelemahan. 

Daihatsu Terios belum menggunakan sistem rem ABS
(foto: http://m.sgcarmart.com/new_cars/fullscreen.php?)
Bicara soal fitur keselamatan, mobil ini tidak didukung dengan kelengkapan seperti rem ABS (Anti-lock Brake System), EDB (Electronic Brake Distribution), dan airbag. Itu artinya kurang bisa meminimalisir cedera jika terjadi kecelakaan.

"Terios memang belum dilengkapi fitur airbag. Ke depannya kita memang akan melengkapi semua model yang belum dilengkapi fitur itu," kata Head Domestic Marketing Division Astra Daihatsu Motor (ADM) Rio Sanggau, seperti dikutip dari situs berita VIVAnews beberapa waktu lalu

Minusnya fitur itu rupanya belum jadi masalah besar bagi Terios. Sepinya model pesaing dari kompetitor membuat Terios dan saudara kembarnya Rush bisa bermain cukup leluasa di kelasnya. Namun, tahun ini, rencananya akan ada model baru, yaitu Honda SUV Urban dan Ford EcoSport yang siap menjegal laju Terios. 

Selain itu, kelemahan utama pada Terios baru ini tentu saja ada pada kebisingan yang dialami pendahulunya. Saat ini tingkat kebisingan dalam kabin mobil ini tinggal 71,8 desibel, jauh turun daripada versi sebelumnya yang mencapai 73 desibel. Kurang baiknya sistem peredam suara menyebabkan kabin menjadi bising dan terasa kurang nyaman bagi penumpang dan pengemudinya. 

Kelemahan lain dari mobil Daihatsu Terios ini adalah suspensi belum disesuaikan dengan kemiringan. Hal ini sering pula diutarakan oleh para pengguna mobil ini, dimana yang tempat duduk baris ketiga menjadi tidak nyaman akibat kemiringan ini.

Terakhir, bagi penumpang yang duduk di baris ketiga bisa jadi akan merasa sedikit pegal, lantaran jok tidak dilengkapi head rest (sandaran kepala), terutama saat melakukan perjalanan panjang.

Harga Terios
Kehebatan New Terios tersedia dalam empat tipe, yaitu tipe TS M/T, TS A/T, TX M/T, dan TX A/T, dengan spesifikasi detail sebagai berikut:dilengkapi dengan spesifikasi sebagai berikut :
-New Center Cluster with Integrated CD Audio (TX & TS A/T)
-New Steering Switch (TXA/T)
-New Shift Knob with Shift Lock (TX A/T)
-Double Blower AC (TX),Seat Height Adjuster (TX A/T)
-1.5 VVT-i Pwerful Engine
-New Electric Power Steering
-MacPherson Strut with Coil Spring Suspension

Aneka jenis varian yang ditawarkan
(foto: http://ivandesain.blogdetik.com/files/2012/11)
Daihatsu New Terios juga tersedia dalam berbagai pilihan warna ciamik dan eksklusif, salah satunya pasti ada yang sesuai dengan kepribadian sang petualang, baik cewek maupun cowok. Ini dia pilihan warnanya : Dark Grey Metallic, Sand Gold Metallic, Classic Silver Metallic, Midnight Black Metallic, Royal Red Metallic, dan yang paling saya suka adalah yang putih: Icy White. Simple tapi gahar.

Sementara itu daftar harga New Terios terakhir (Oktober 2013) adalah sebagai berikut:
New Terios TS M/T Rp 170 jt – type EXTRA 1.5 OTR 181.200.000
New Terios TS A/T Rp 180 jt – type EXTRA 1.5 OTR 186.300.000
New Terios TX M/T 1.5 OTR 199.700.000
New Terios TX A/T 1.5 OTR 213.800.000
New Terios TX M/T ADV 1.5 OTR 210.000.000
New Terios TX A/T ADV 1.5 OTR 225.600.000

Oh ya, berdasarkan informasi dari situsnya, daftar harga mobil Daihatsu New Terios masih mungkin berubah sesuai wilayah masing-masing.

7 Kehebatan Terios 7 Wonders
Banya yang menyebut mobil New Terios sebagai mobil sahabat petualang. Ungkapan itu rasanya tidak berlebihan. Pasalnya, Daihatsu New Terios memiliki 7 kehebatan yang tentunya sangat mendukung ketika melakukan perjalanan yang penuh tantangan. 

Adapun 7 kehebatan Dihatsu Terios adalah:
1. The Only 7 Seater SUV
Terios memiliki 7 kursi penumpang
(foto: http://www.gajebot.com/2012/11)
Daihatsu Terios adalah satu-satunya kendaraan jenis SUV (Sport Utility Vehicle) yang dilengkapi 7 kursi penumpang, namun tetap memberikan ruang yang lega. Dua kursi di bagian belakang dapat dilipat jika tidak sedang digunakan, sehingga dapat menampung lebih banyak barang bawaan.

2. Easy Access Entertainment – Audio Steering Switch
Sistem konsol audio yang gampang dijangkau
(foto: http://www.gajebot.com/2012/11)
Perjalanan berkendara tentu akan terasa lebih nyaman saat dilakukan sambil menikmati musik. Daihatsu Terios mengakomodasi kebutuhan ini dengan kontrol sistem audio yang terintegrasi pada kemudi. Hal ini tentu menjadi nilai tambah karena pengemudi tidak akan kehilangan kontrol arah saat harus memilih lagu kesayangan.

3. Tough Style – Macho Styling
Fitur-fitur  terbaru dalam Daihatsu New Terios
(foto: http://www.gajebot.com/2012/11)
Mobil petualang haruslah tangguh ketika dibawa berkendara dalam segala situasi. Daihatsu Terios dengan desain fisik yang macho benar-benar mendefinisikan jiwa petualang yang tangguh di segala medan.

4. City Cruiser – High Ground Clearance
High ground clearance membuat Terios sanggup melalui genangan
(foto: http://ivandesain.blogdetik.com)
Jarak yang cukup tinggi antara bagian bawah mobil dengan badan jalan memberikan keuntungan ketika melewati jalur yang tidak rata sehingga mengurangi resiko benturan saat melewati lubang. Selain itu, manfaatnya juga terasa saat melewati genangan air. Mobil tidak akan mudah terendam air.

5. Easy Handling – Electric Power Steering
Sistem kemudi yang memudahkan dalam menyetir
(foto: http://ivandesain.blogdetik.com)
Dalam perjalanan berpetualang tentu saja akan menemui track-track sulit yang membutuhkan kepiawaian dalam menyetir. Electric Power Steering pada Daihatsu Terios akan lebih mempermudah dalam mengendalikan kemudi.

6. Optimal Comfort – Comfort Suspension
Suspensi yang empuk membuat penumpang merasa nyaman
(foto: http://ranapsimanjuntak.files.wordpress.com/2013/01/terrios-7-wonders.jpg)
Sistem suspensi Daihatsu Terios menjamin kenyamanan seluruh penumpang di dalam kabin. Meski jalan yang dilewati tidak rata atau berlubang, getaran dapat diredam dengan baik sehingga penumpang tetap merasa nyaman berkendara.

7. Excellent Strength – Reliable Engine 1.5 DOHC VVT-i
Mesin tangguh 1500 cc
(foto: http://ivandesain.blogdetik.com)
Daihatsu Terios dengan Reliable Engine 1.5 DOHC VVT-i berkapasitas 1500 cc, menjadikan mobil ini tangguh ketika dikendarai pada berbagai kondisi jalan dan dalam waktu yang lama.

Dan fitur yang terakhir ini merupakan syarat wajib sebuah mobil petualang, yaitu mesin yang tangguh dan bertenaga. Dengan mesin 1500 DOHC VVT-i, Terios tak akan bermasalah menghadapi jalanan yang terjal maupun berakselerasi dengan kecepatan tinggi.

Selain itu teknologi VVTi yang digunakan pada mesin Terios membuat mesin menjadi ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar.

Fitur Keamanan Canggih
Selain ketujuh fitur utama yang disebut dengan 7 wonders tersebut, masih ada fitur yang tak kalah penting dari New Terios yang sangat cocok untuk dibawa berpetualang. Fitur tersebut adalah fitur yang menjamin keamanan dan keselamatan penumpangnya dalam berkendara.

Fitur tersebut antara lain :
1. TAF ( Total Advance Function) Body
(foto: http://www.gajebot.com/2012/11)
Fitur ini merupakan teknologi canggih pada konstruksi bodi mobil yang berfungsi untuk meredam benturan jika terjadi tabrakan sehingga menjamin keselamatan para penumpangnya.

2. Ventilator Disc Brake
(foto: http://www.gajebot.com/2012/11)
Fitur ini berfungsi untuk menjaga agar performa rem tetap akurat. Seperti yang kita tahu bahwa rem memiliki peranan sangat penting dalam sebuah kendaraan, baik dari segi keselamatan maupun segi kenyamanan berkendara itu sendiri. 

Dengan 7 fitur utama dan fitur keselamatan canggih yang dimiliki, tak salah jika Daihatsu Terios 7 Wonders disebut sebagai mobilnya sahabat petualang. Dipastikan, semua kehebatan tadi akan membuat perjalanan berpetualang akan terasa lebih menyenangkan.

So, bagi yang sedang mencari mobil dengan kapasitas besar, desain yang elegant dan sporty serta kualitas yang menjadi pertimbangan, maka tak salah jika Daihatsu Terios 7 Wonders layak didaulat menjadi mobilnya sahabat petualang. Karena itu, jika punya rejeki lebih, pilihan saya pasti jatuh ke mobil ini.

End--


*Bahan bacaan:


9 comments:

  1. udah terlalu cinta nih sama terios :D

    agrizal filter

    ReplyDelete

  2. terima kasih atas informasinya..
    kunjungi juga website kami mobil baru

    sukses selalu

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas informasinya..
    semoga bermanfaat bagi kita semua mesin mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  4. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat warna mobil

    sukses selalu

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat mobil keren

    sukses selalu

    ReplyDelete
  6. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Honda CBR 2014

    ReplyDelete
  7. Jadi gak ragu lagi nih, kalau beli mobil ya terios saja

    ReplyDelete
  8. Wah sangat luar biasa neh mobil terios, patut di acungi jempol...O iya ijinkan saya berbagi informasi mengenai cara modifikasi mobil Cara dan Gambar Modifikasi Mobil Honda Freed 2016 dan Kelebihannya, semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  9. Trobosan terbaru nih dari toyota.. salut deh untuk perusahaan toyota selain menawarkan mobil yang ekonomis namun teknologinya tidak ketinggalan jaman
    Berita seputar otomotif

    ReplyDelete

ANTARA - Lingkungan

Climate Change News - ENN